ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI ERAPANDEMI

  ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI ERAPANDEMI


     PandemiCorona saatinimasih menjadihalyang sering dibicarakan,

pandemi ini menyebabkan pergeseran semua gaya hidup masyarakat,termasuk

didalam sektorpendidikanpadakegiatanbelajarmengajar.Pembelajaranlewat

mediaonlineataudalamjaringandianggapsebagaisolusipadaerapandemiCovid

-19 saatini.Bagaimanatidak,semuaaktivitassosialmulaidibatasidengan

dikeluarkannyakebijakanPSBB(PembatasanSosialBerskalaBesar)karenaseperti

yangkitaketahui,penularanVirusCoronainidenganmudahmenyebarmelalui

sentuhanatauaktivitasfisikdaripenderitakepadaorangyangsehat.Iniadalah

salahsatulangkahprefentifyangdiambil Pemerintahdalam menanganidan

membuatkeputusanuntukmengurangiaktivitasfisikdiluarrumah,termasuk

aktivitaspembelajaran.Sebab,grafikpenyebaranVirusinimenunjukkanprogres

yangsignifikanyangbisakitalihatpadagrafikdibawahini.

    Memang,padasaatinilangkahterbaikadalahmengubahcaraberaktivitas

yangsemuladilakukansecaratatapmukanamunkinihanyasebatasmediaonline

saja,tentubagibeberapaoranginibukanlahsolusi.Pasalnya,mediaonlineyang

dikatakansebagai“Solusi”dan“Jawaban”daripermasalahanini,justrumenambah

bebanbagiyangbelum mampumengikutinyadanmengakibatkanbanyakkendala

didalamduniaPendidikan,mulaidariPendidikandasarhinggatingkattinggi.

Pembahasan Sebagaiseorang mahasiswatingkatawal,sayamerasakanbagaimana

rasanya perputaran roda modelpembelajaran yang sangatsignifikan,yang

semulanyatatapmukadaninteraksibegitumudahdilakukanhanyamengandalkan

pemahamanuntukbertanyadanmendiskusikanmateri,namunkinimenjadibegitu

bergantungpadakapasitasjaringanmasing-masing.Menurutrekanmahasiswa

setingkatsayayanglain,pembelajaranmelaluimediaonlinesepertiinimemiliki

kendaladantingkatkerumitanyanglebihtinggidibandingkanpembelajaransecara

tatap muka,karena pengeluaran untuk pembelian kuota jauh lebih banyak

dibandingkanpengeluaranbiayauntuktransportketempatpendidikanitusendiri

berlangsung.Bukan sekadarkuota saja yang harus terpenuhi,akan tetapi

kapasitasjugaharusmemadaidenganbanyaknyaaplikasiyangdigunakan,dan

tidaksemuagawaimemadai.


     Aplikasi yang dipakai Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Online dan

Kegunaannya Banyakragam aplikasiyangbisadigunakanuntukmelakukanpembelajaran

daring.Sebagaicontoh,salahsatunyayaituaplikasizoom,yangbiasadigunakan

ketikainginmelakukantatapmukasecaraonline.Takhanyaitu,pesertadidikdan

pengajarjugadapatmenggunakanskype,googlemeet,danlainnya.Takhanya

sekadaruntuktatapmukasaja,tetapitugastertulisjugatetapdikumpulkan,

pesertadidikdapatmengggunakangoogleclassroom,disinipengajardanpeserta

didikdapatsalingberkomunikasijugasecaraverbaldengantertulis,pengajar

dapatmemberikantugaslalupesertadidikmengumpulkansesuaiketentuanyang

ada.

Lalu hambatan finansial,dimana pengeluaran uang untuk mengikuti

pembelajaran melalui media online yang pengeluarannya cukup besar

dibandingkanpembelajarantatapmuka,danjugabanyaksekalisiswayangmerasa

bosanataubahkanmerasatertekanselamapembelajaranmelaluimediaonline

berlangsung.Kebanyakandarimerekapaham terhadapmaterikarenakomunikasi

hanyaterjadisecaraonewayatausatuarah,pemberimaterisebagaikomunikator

(guru,dosen,danpengajarlainnya)menyampaikanpesanitutaklangsungbisa

mendapatkanfeedbackdarikomunikan(murid,mahasiswa,danpesertadidik

lainnya).Begitupulasebaliknya,ketikapesertadidiksudahmemberikanfeedback,

pesertadidiktersebuttidakbisalangsungmendapatkanefekdarifeedbackyang

diberikannyaitu.Disinihambatankomunikasimenjadisalahsatupenyebabketidak

-efektifan,karenajikasecaratatapmukabisasajalangsungmendapatkanbalasan

darisuatu diskusidan pembicaraan,pada zero feedback dalam sebuah

pembicaraan.

     Absensijugamenjadipermasalahan,banyakpesertadidikyangmengeluh

tentangabsensinya.Adaduakemungkinan,yaitupertama,ketikapesertadidik

tersebuthadirpada saatjam pembelajaran itu,pengajartidak memberikan

keteranganhadiruntukpesertadidiktersebutdenganalasanpesertadidiktersebut

tidakaktifpadasaatpembelajaran,sepertidiskusi,lalukemungkinanyangkedua

pengajartidakbenar-benarmemperhatikankehadirandaripesertadidik.

PerjuangandiBalikPembelajaranBerbasisOnlinepadaEraPandemi

Melansirdariberitaharianonline,dariSumenep,Madura,JawaTimur,

seorang pengajarbernama Avan Fathurrahman,melaluiunggahan diakun

facebookpribadiny.Iamembagikanpostingandimanadalam postinganituterlihat

iasedangmengajardarirumahkerumahkarenabanyaksekalisiswanyayang

tidak mengikutipembelajaran melaluimedia online karena tidak memiliki

smartphone.Karena itu Ia lebih memilih untukmengajarlangsung kerumah

siswanya,Ia mengaku terpaksamelanggarimbauan daripemerintah tentang

physicaldistancingselamapandemi.SelamaAvanmengajardarirumahkerumah

siswanyaituiamenempuhjarakyangsangatjauh.Pasalnyatakhanyasatuatauo

duarumahsiswayangiadatangi,namunsebanyaksiswayangtakmemiliki

smartphoneitudantaktanggung-tanggung,ketikahujanpuntakmenghentikan

langkahbaiknyaitu,iarelaberjalankakiselamamengajar.

   Banyaksekalipesertadidikyangmengeluhnilainyamenurunpadasaat

pembelajaranonline,belum begitujelasapaalasannya.Sebenarnyabanyaksekali

faktoryangmenyebabkannilaimerekamenurun,namuntidaksecarapasti.Bagi

pesertadidikyangmasihdijenjangSekolahDasar,SekolahMenengahPertama,

danSekolahMenengahAtas/Kejuruan,merekamengeluhkanbahwakebanyakan

nilaimerekaturunkarenamerekatidakmemahamisepenuhnyamateriyang

disampaikan. Lalu kebijakan masing-masing pengajar juga berbeda-beda,

termasukdalam memberikanpenilaian.Adapengajaryangmenuntutkeaktifan

pesertadidikdalammengikutiprosesbelajarmengajar,baikdalammengumpulkan

tugas,melaksanakan presentasi,selalu mengajukan pertanyaan,menjawab

pertanyaanhinggamemberikankritikdansaran,sampaiabsensipunsangat

diperhatikan..Laluadajugapengajaryangsangatmemperhatikankehadirandan

tugassaja,iatidakbegitumempermasalahkanjikapesertadidiknyaitupadasaat

belajardengannyakurangaktif.Baikuntukmemberikanpertanyaanataumenjawab

pertanyaan,bahkansampaimenambahkanreferensimateriyangterpentinghanya

peserta didik tersebut hadir dalam kelas pembelajaran online itu dan

mengumpulkantugas,makapengajarituakanmemberikannilaiyangbaik.Selain

itu,masih banyak SumberDaya Manusia (SDM)yang masih belum bisa

mengoptimalkanpenggunaanmediaonlineinisecaraoptimal,banyakdarimereka

yangbelum mengertidangagapteknologi,sehinggaakanbanyakmengulurwaktu

untukmemulaijampembelajaran.


Kesimpulan

Dariberbagaipermasalahanyangdiuraikandiatastadi,kitabisamenarik

kesimpulanbahwasemenjakpembelajaranberbasisonlinediterapkan,banyak

sekaliperubahanyangterjadididalam duniapendidikan.Sistem pendidikanyang

belum dipersiapkandenganbaikhinggaperubahankurikulum danpenetapan

peraturantentang sistem pendidikanyang belum matangdanmasihbanyak

percobaan.Padahal,pendidikanitubukanuntukbahanpercobaan,apalagihingga

memakanwaktusebanyakinidalam percobaannyanamunbelum menghasilkan

halyangdiharapkan.Lalujikasepertiini,apakahpendidikanberbasisonlineini

dapatdikatakan solusijika dalam pelaksanaannya memberikan problematika

sebanyakinidaripadasolusi?

Lalubagaimanacaraagarpembelajaranberbasisonlineinidapatberjalan

denganmaksimal?Sangatdiperlukankerjasamayangbaikantarapemerintah

denganpesertadidik.Dalam halini,awalpembelajaranberbasisonlineiniberjalan

denganbaik,namunsemakinberjalannyawaktutidaklamapembelajaranseperti

initakberjalanbaiksepertisebelumnyakarenabanyaksekalidirasakankendala-

kendala dalam pelaksanaannya.Waktu yang cukup cepatuntukmenujukkan

bahwa pembelajaran berbasis online initak sesuaidengan ekspetasiyang

dibayangkan sebelumnya,yaitu saatmengambillangkah inisebagaisolusi.

Memang,inibukanlahhalyangmenjadikeinginankitauntukadadikondisiseperti

ini.Namun sekiranya apa yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan

pembelajaranberbasisonlineini,makalakukanlahsebaikmungkin.Masihbanyak

kekuranganyangtidakbisadihindarkanyangmenyebabkanpenurunankualitas

Pendidikanpadapesertadidik.Namunyangpasti,untukperpanjanganwaktuharus

dipertimbangkankembalidansesegeramungkinuntukpembelajaranberbasis

onlineiniberalihkepembelajarantatapmukasepertibiasadenganberbagai

persyaratanyangbisadipertimbangkanlagi.

DISUSUNOLEH

SintiaNurCahyani 2019530024

Universitas Muhammadiyah Jakarta


DaftarPustaka


Nurmila,Nina.(29April,2020).OptimalisasiPembelajaranDaringdiUIN SGD

Bandung

dalam UpayaMenghentikanPenyebaranVirusCorona.Dikutip8Februari

2021darihttp://digilib.uinsgd.ac.id/id/enprint/30559

Ichsan,A.Syalaby.(11Juni2020).SkenarioPendidikanMasaNewNormal.Dikutip

8Februari2021darihttp://m.republika.co.id

Fahimi,Ahmad.(2020).Efektivitas Pembelajaran E-Learning MelaluiGoogle

Classroom

PadaMadrasahIbtidaiyahdiKabupatenRembang.Dikutip8Februari2021

dari

https://scholar.google.co.id.+Efektivitas+Pembelajaran+E-Learning+Melalui

Google+Classroom

TimJurnalisKompas.(18April,2020).KisahPakGuruAvan,MengajardariRumah

ke

RumahkarenaSiswaTakPunyaPonsel.Dikutip10Februari 2021dari


https://amp.kompas.com/tren/read/2020/04/18/140342165/kisah-pak-

Komentar

Postingan Populer